Studi Literatur Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jiksaw terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Welmina Erari STKIP PGRI Papua

Keywords:

Cooperative Learning Model  Jigsaw Type, Learning Outcomes, Literature Review

Abstract

This literature review analyzes the influence of the Jigsaw type of cooperative learning model on student learning outcomes. The study examines various previous studies to investigate aspects such as improved learning outcomes, student engagement, development of social and critical thinking skills, and challenges in implementing the Jigsaw model. Research findings indicate that the Jigsaw model significantly improves student learning outcomes in various subjects. This model also encourages active student participation, enhances social and critical thinking skills. Although there are challenges in its implementation, the significant benefits make the Jigsaw model an effective strategy for improving the quality of education.

References

Agustina, R., & Setiawan, B. (2021). Studi komparatif: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw vs tradisional pada hasil belajar matematika di kelas VII SMP Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 90–97.

Eka, T., & Fitriana, N. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 6(2), 45–52.

Fitriani, L., & Zainuddin, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi IPA kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 213–220.

Hamid, A., & Irawati, D. (2021). Penerapan model jigsaw dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 78–85.

Hartati, D., & Nugroho, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(3), 145–152.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Sorong. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 123–130.

Jumarni, J., & Septiani, R. (2020). Penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 210–218.

Lestari, R., & Santoso, B. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 150–158.

Nasution, S., & Sari, R. (2019). Analisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(2), 100–106.

Prabowo, A., & Widyastuti, E. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar matematika di kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 34–40.

Prasetyo, E., & Supriyadi, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 2 Jakarta. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 7(1), 20–27.

Resmi, N. W. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 546–551. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52106

Safitri, A., & Yuliana, R. (2020). Penerapan model jigsaw dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Dasar dan Inovasi, 5(2), 112–120.

Wulandari, N., & Rahmawati, D. (2020). Penggunaan metode jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 5(1), 67–74.

Yulianti, D., & Rahman, F. (2020). Dampak model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 45–52.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Welmina Erari. (2024). Studi Literatur Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jiksaw terhadap Hasil Belajar. Prosiding Ilmu Kependidikan, 1(1), 42–47. Retrieved from https://propend.id/index.php/propend/article/view/12

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.