Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma

Authors

  • Ester Yolanda M Sembai Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI PAPUA
  • Susanti Fakaubun Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI PAPUA

Keywords:

Numbered Heads Together (NHT), learning outcomes, cooperative learning, high school

Abstract

This research aims to examine the effect of using the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model on student learning outcomes in Senior High Schools (SMA). The NHT learning model is a learning model the encourages interaction and active participation of students in groups, which is thought to improve understanding and learning outcomes. This research was carried out using a quasi-experimental method and involved two classes, namely the experimental class which used the NHT model and the control class which used conventional learning methods. The research results show that the use of the NHT model has a significant influence on improving student learning outcomes.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. New York: McGraw-Hill.

Buku ini membahas berbagai model pembelajaran kooperatif termasuk NHT, serta strategi untuk penerapan efektif di kelas.

Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Menjelaskan berbagai model pembelajaran, termasuk NHT, serta pengaruhnya terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa.

Lie, A. (2004). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Buku ini menjelaskan metode pembelajaran kooperatif, termasuk NHT, dengan contoh-contoh penerapannya di kelas.

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Irawan, D., & Sumantri, M. (2018). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 55-66.

Suprijono, A. (2013). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Menyajikan teori dan aplikasi pembelajaran kooperatif, termasuk teknik NHT, dengan pengaruhnya terhadap hasil belajar.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Buku ini mengulas metode penelitian untuk mengukur efektivitas model pembelajaran kooperatif, termasuk NHT.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan cooperative learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Buku panduan tentang model pembelajaran kooperatif Kagan, termasuk metode NHT, serta penerapan praktisnya di kelas.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Ester Yolanda M Sembai, & Susanti Fakaubun. (2024). Studi Literatur Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Prosiding Ilmu Kependidikan, 1(2), 75–80. Retrieved from https://propend.id/index.php/propend/article/view/22

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.